Tentang Kami

Hari ini kami melakukan wawancara dengan Dr. Jacques Durand (J.D.) pendiri www.blabladoctor.com, media sosial kesehatan pertama di Indonesia.

HSMP: Apa yang dapat anda ceritakan mengenai websitewww.blabladoctor.com?

J.D. BlaBlaDoctor adalah situs kesehatan berbasis jaringan sosial yang membantu orang dengan berbagai macam kondisi kesehatan, termasuk kanker, yang secara global terhubung, membantu dan saling berbagi informasi dengan orang lainnya yang mengalami situasi yang serupa, dengan memfokuskan pada menjembatani komunikasi antara pasien dengan pasien, pasien dengan dokter, dengan semua fitur jaringan sosial dan fungsi yang diharapkan dalam masyarakat saat ini.

Bantuan komunitas BlaBlaDoctor; orang-orang yang nyata dengan situasi yang serupa bersama- sama, untuk menghindari perasaan negatif seperti diskoneksi dan kesepian, dan fokus pada meningkatkan kepercayaan diri, pengertian, komunikasi, hubungan, dan dukungan dari sesama.

Sebagai seorang dokter saya mengerti secara pasti bagaimana sulitnya menghadapi penyakit tanpa dukungan dari orang yang benar-benar mengerti mengenai penyakit tersebut. Setelah menghabiskan bertahun-tahun mengelola kesehatan dengan praktek saya, saya akhirnya beralih ke internet untuk bantuan. Banyaknya forum, blog, dan masyarakat di luar sana dengan semua penyakit yang dibahas oleh sesama penderita adalah menakjubkan, tetapi saya merasa bahwa pengalaman itu kurang terasa pribadi. Segera BlaBlaDoctor akan melahirkan, sebuah platform bagi mereka yang menderita berbagai macam penyakit dan kondisi, sekarang memiliki jaringan yang berbasis dukungan komunitas, dan sebuah jalan bagi organisasi yang ingin menjangkau orang lain melalui platform ini atau mendukung perkembangannya.

HSMP: Menurut anda, bagaimana pertumbuhan baru platform media sosial dan jaringan sosial telah mengubah pandangan untuk mereka yang mencari informasi mengenai kondisi kesehatan?

J.D. Pada masyarakat saat ini, kita mulai pindah dari forum dan situs blog. Forum terlihat statik, dimana informasi yang disajikan dianggap ketinggalan jaman, dan kurangnya pengalaman pribadi atau komunikasi instan dimana dunia sudah mulai untuk merangkulnya. BlaBlaDoctor adalah mengenai pengalam pribadi, menawarkan komunikasi instan dengan skala global.

Terdapat juga peningkatan permintaan dalam hal konten kesehatan. Bila kita bicara mengenai kanker payudara, terlihat bahwa 48% penderita kanker tidak mendapatkan cukup informasi dari dokter mereka, sementara 20% tidak puas dengan informasi yang diberikan dan 39% wanita penderita kanker payudara “ berharap mereka mendapatkan bantuan dengan mengetahui apa yang harus ditanyakan.” Namun, ketidakpuasan dengan informasi yang didapat bukanlah satu-satunya alasan pasien beralih ke internet.

Terdapat kebutuhan dasar untuk tambahan informasi di semua negara dan tentunya di Indonesia. Pasien ingin mengetahui apa yang telah dilakukan pasien lain, digunakan atau berpengalaman dengan kondisi mereka. Penyediaan informasi yang diberikan menunjukkan bahwa hal itu membantu mendapatkan kontrol mereka kembali, mengurangi kecemasan, menciptakan harapan yang realistis, mendorong perawatan diri dan partisipasi, dan menimbulkan perasaan aman dan nyaman. Kepuasan terhadap informasi yang diberikan telah terbukti berkolerasi dengan kualitas hidup. Orang-orang yang puas dengan informasi yang didapat, cenderung merasa senang dengan partisipasi mereka dan dalam keseluruhan proses pengambilan keputusan.

HSMP: Menurut pengalaman anda, apa yang dicari pasien dari informasi kesehatan secara online maupun offline?

J.D. Pasien mencari konten kesehatan yang berisikan pengalaman pribadi pasien lain. Terdapat peningkatan permintaan terhadap konten medis, yang ditulis oleh penderita penyakit. Pasien menginginkan kenyamanan, berbicara dengan sesama penderita dengan kondisi yang sama membuat pikiran menjadi tenang, mengetahui bahwa mereka tidak sendiri. Terdapat juga peningkatan permintaan akan komunitas dukungan kesehatan, sesuatu yang sudah lama ditunggu oleh pasien. BlaBlaDoctor menyediakan sumber informasi yang baik dan, dukungan psikologis dan sosial oleh orang lain dalam komunitas. BlaBlaDoctor memberikan sebuah perasaan saling memiliki terhadap komunitas kesehatan, menghilangkan kesepian dan diskoneksi.
Tapi hal ini hanyalah satu sisi, para ahli kesehatan dapat dan akan ikut berpartisipasi, tahap selanjutnya adalah memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan ePasien, berkolaborasi dan meningkatkan komunikasi.

HSMP: Apakah menurut anda harus lebih banyak dokter dan organisasi kesehatan yang menggunakan media sosial?

J.D. Ya, dokter dan organisasi kesehatan dapat belajar banyak dari apa yang pasien diskusikan mengenai penyakit mereka.
Ahli medis didorong untuk bergabung dengan revolusi sosial dan mulai berkomunikasi dengan penderita pada tingkat sosial. Mereka dapat belajar dari pasien dan membantu menghadapi kondisi mereka dengan mencari tahu bagaimana mereka mengatasinya, apa yang mereka hadapi, sampai ke berbagi konten untuk membantu diagnosis atau memahami tingkat keparahan sebuah penyakit, seperti video dan foto.
Aktifitas yang ditemukan di BlaBlaDoctor dapat mempercepat penelitian klinis kondisi tertentu dengan cara mengumpulkan dan menganalisa diskusi, berpartisipasi dalam live chat, wall post, blog, data survey, dan selanjutnya member informasi kepada pasien mengenai produk yang relevan digunakan untuk kondisi mereka.
Ahli medis dapat mengerti lebih baik aspek sosial dalam menghadapi suatu kondisi pada skala global. Kami telah kehilangan kemampuan untuk berinteraksi sosial dengan penderita penyakit sejak dokter komunitas kecil menghilang, dan sekarang kami memiliki kesempatan untuk membawa itu kembali, meskipun dalam skala yang berbeda, tetapi itulah cara dunia dan kesehatan tentunya perlu untuk mengikuti.
BlaBlaDoctor adalah mengenai kolaborasi dan keterlibatan pasien. Penderita penyakit tahu lebih banyak mengenai kondisi mereka dan bagaimana perasaan mereka dibandingkan dokter. Tapi ini bukan berarti bahwa kita tidak membutuhkan dokter. Dokter tidak dapat menghilangkan suara pasien, dokter perlu untuk terlibat dan bergabung dengan revolusi sosial.
Komunitas kesehatan online BlaBlaDoctor tidak terdapat batas geografis atau transportasi; stigma anonimitas, masalah yang sensitif dan memalukan; meningkatkan keterbukaan diri; mendorong kejujuran. Bahkan penderita penyakit yang langka dapat menemukan sesama penderita secara online. Anonimitas dalam komunitas online dapat memfasilitasi partisipasi orang-orang tertentu, yang mungkin secara budaya dan sosial dikondisikan untuk tidak meminta bantuan dan dukungan. Untuk alasan ini maka dokter dapat melihat bahwa komunitas online memberikan banyak manfaat.

HSMP: Akhirnya, apakah rencana jangka panjang anda untuk BlaBlaDoctor? Sekarang anda berada dalam tahap awal tetapi bagaimana anda melihat BlaBlaDoctor akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan?

J.D. Secara fungsi, saat ini BlaBlaDoctor memungkinkan anda untuk memuat profil, profil yang menggambarkan diri mereka di komunitas; mencari teman, upload foto dan video, menulis pada “wall”, live chat dengan sesama grup, membuat atau memberi kemontar atas blog dalam komunitas, kami juga memiliki fitur bernama “Members Like You”, mirip dengan cara kerja situs kencan,tapi tidak mencocokan anda dengan calon pasangan potensial, melainkan mencocokan pasien dengan dengan seseorang yang mirip dengannya (usia, jenis kelamin, lokasi, penyakit, diet, tipe perawatan, dll).

BlaBlaDoctor memiliki lapisan pelaporan dan analisis. Tujuan menengah dan tujuan jangka panjang adalah untuk berbagi kumpulan data dengan perusahaan farmasi dan pembuat perangkat medis, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan membuat perbedaan pada kesehatan dan pasien.
Namun sudah banyak fungsi lain yang siap untuk disebarkan, seperti aplikasi seluler, pembuatan acara, membuat grup dan jajak pendapat, dan menyediakan produk kondisi tertentu.
Rencana ke depan untuk BlaBlaDoctor adalah menerapkan visi BlaBlaDoctor, yaitu untuk lebih mengerti bagaimana orang terhubung dan berbagi informasi mengenai kondisi medis mereka, berbagai terapi dan produk yang mereka gunakan. Data yang ditemukan akan berubah menjadi informasi dan diterjemahkan menjadi pengetahuan, yang dapat diakses oleh praktisi medis untuk membantu pasien dalam skala global.
BlaBlaDoctor berharap untuk dapat melakukan interaksi dengan ahli medis untuk menambahkan nilai dan kesadaran saat berinteraksi dengan pasien. Saat pasien secara sosial membahas produk, kondisi dan perawatan mereka, informasi dapat diambil dan dapat digunakan sebagai informasi yang berguna bagi ahli medis. Informasi ini memungkinkan ahli medis untuk mempersempit dan menargetkan pasien di lokasi, kondisi, atau karakteristik demografik lainnya, dan berkonsultasi dengan mereka secara langsung.

HSMP: Terima kasih Jacques untuk diskusi hari ini yang menstimulasi. Saya rasa inisiatif seperti BlaBlaDoctor adalah jalan ke depan bagi komunitas kesehatan di Indonesia.

Tinggalkan komentar